Keterbatasan Bukan Penghalang Untuk Sukses

Keterbatasan Bukan Penghalang Untuk Sukses
Ketahuilah bahwa cacat bukan penghalang untuk mencapai kesuksesan anda, akan tetapi kekurangan itu bisa menjadi motivasi anda untuk membuktikan bahwa anda mampu sukses dengan kondisi fisik yang kurang sempurna.
Jika kita belajar kepada saudara kita yang tuna netra misalnya, mereka memiliki keterbatasan dalam hal penglihatan. Namun kita semua sudah memahami kalau mereka memiliki kelebihan dalam hal perabaan, pendengaran, dan penciuman yang melebihi kemampuan rata-rata manusia.
Saya juga yakin, saat kita memiliki satu keterbatasan, kita pun memiliki banyak kelebihan yang lainnya.
Banyak sekali orang sukses lahir dari keterbatasan mereka. Baik keterbatasan fisik, keterbatasan keuangan, keterbatasan IQ ataupun keterbatasan lainnya. Namun, mereka mampu mengolah keterbatasan mereka menjadi kekuatan yang luar biasa sehingga akhirnya bisa menjadi orang sukses. Keterbatasan membuat kondisi mereka terdesak. Justru biasanya orang terdesaklah yang bisa menjadi orang sukses.

 
Jangan Berhenti Karena Keterbatasan
“Mengapa kamu tidak bisnis?”
“Karena saya memiliki keterbatasan modal, makanya saya tidak berbisnis.”
So what?
Mengapa tidak bertanya, “Bagaimana cara mengatasi keterbatasan modal?”
Saat Anda bertanya cara mengatasi modal, setidaknya Anda memiliki niatan untuk mengatasinya. Namun saat keterbatasan dijadikan alasan untuk berhenti, maka sudah lah sampai disana. Anda berhenti dan tidak mendapatkan pertanyaan.
Jadi, langkah pertama cara mengatasi keterbatasan diri adalah mengajukan pertanyaan cara mengatasinya.
Mungkin Anda tidak langsung bisa menjawab. Anda perlu pahami ini. Hal ini sering menjadi titik kritis apakah Anda menyerah atau tidak. Saat Anda tidak bisa menjawab, jangan berhenti. Lanjutkan dengan mencari jawaban, dari mana pun datangnya jawaban itu karena keterbatasan itu bukan penghalang untuk sukses.
Semua orang memiliki keterbatasan. Namun yang terpenting bukan apa keterbatasan Anda, tetapi bagaimana sikap Anda menghadapi keterbatasan itu. Apakah Anda menyerah? Apakah Anda berhenti? Apakah Anda memohon maklum? Atau Anda berusaha untuk mengatasi keterbatasan Anda dengan cara mengajukan pertanyaan memberdayakan, menggunakan kreativitas Anda, dan fokus pada kekuatan Anda.
Kekurangan bukanlah penghalang meraih sukses. Jangan batasi pikiran dan kemampuan Anda dengan kekurangan diri. Bila kita melangkah dan berusaha disertai iman kepada Allah, percayalah bahwa tak ada yang tak mungkin.Banyak orang yang cacat, tetapi mereka berhasil membuktikan bahwa keterbatasan bukan penghalang untuk sukses.

 
 "Cacat fisik maupun cacat mental tidak bisa menjadi penghalang seseorang untuk sukses, karna sukses itu sendiri bukan tentang kekuatan fisik maupun modal uang yang kita miliki, melainkan kemauan, tekad, dan tidak takut gagal" .

 
Nah, berikut ini kisah orang-orang sukses karena keterbatasan. Semoga ini bisa membuat kita termotivasi, kalau orang-orang yang memiliki keterbatasan saja bisa apalagi orang yang memiliki kelebihan.
 

1. Kisah seorang Pianis Korea
Salah satunya adalah Hee Ah Hee,pianis Korea berbakat kelahiran tahun 1985. Ia terlahir hanya memiliki 4
jari, masing-masing 2 jari pada tangan kiri dan 2 jari pada tangan kanannya. Ia menderita lobster claw syndrome, jari yang bengkok menyerupai lobster. Sewaktu Hee Ah Hee duduk di bangku TK, ibunya memutuskan agar ia belajar piano supaya jari-jarinya kuat dan dapat memegang pinsil untuk menulis. Awalnya ketika baru 3 bulan belajar, ia dikeluarkan karena guru sekolahnya tak sanggup mengajarnya. Tapi perjuangan ibunya dan Hee Ah Hee membuahkan hasil. Satu tahun kemudian, ia sudah menunjukan kebolehannya dengan memenangkan kejuaraan piano di TK-nya.
Prestasi itu diikuti dengan kemenangannya sebagai juara pertama piano untuk anak-anak cacat di usianya yang ke-7. Presiden Korea sendiri yang memberi penghargaan tersebut. Kini, Hee Ah Hee telah menggelar ratusan konser di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 
"Semua, tidak ada yang tidak mungkin sepanjang kita ada kemauan dan berusaha, penuh ketekunan dan pantang menyerah dalam mencapai mimpi". 

2. Kisah Habibi Afsyah yang sukses
 

Habibi Afsyah, ia adalah seorang yang sukses menjalankan bisnis internet marketing. Ia bukanlah seorang yang normal, seorang yang bisa berjalan dan bergerak sesuka hati seperti kita. Ia harus duduk di kursi roda, karena suatu penyakit yang dideritanya.
Habibi Afsyah lahir di Jakarta 6 Januari 1988. Pada usia 8 bulan dia tidak seperti anak–anak seumurannya yang sudah bisa merangkak. Dari situ timbul kecurigaan apakah ia memiliki kelainan atau tidak. Setalah dilakukan pemeriksaan, ternyata ia terkena penyakit muscular dystrophy yang membuat tubuhnya kian mengecil dan nyaris lumpuh. Penyakit tersebut merupakan penyakit langka yang belum ada obatnya. Setelah mengetahui tentang penyakitnya, sang ibu tidak lagi berupaya untuk membuatnya berjalan. Tapi ia berpikir untuk mengelola kemampuannya yang lain.
Awalnya ia hendak disekolahkan di sekolah SLB. Namun dokter menyarankan agar Habibi disekolahkan di sekolah biasa saja. Karena dari hasil tes ternyata anak ini memiliki IQ yang cukup tinggi. Habibi pun bisa menyelesaikan SMA di sekolah formal.
Setelah lulus SMA awalnya ia hendak di daftarkan ke perguruan tinggi. Namun sang ibu berpikir bahwa jika ia lulus nanti akan sulit diterima di perusahaan untuk bekerja. Dan akhirnya Habibi Afsyah masuk ke dunia bisnis online yaitu internet marketing. Ia giat mengikuti seminar–seminar dan kursus internet marketing. Banyak rintangan yang dihadapinya dalam proses belajar tersebut, tapi ia tak patah arang. Ia pun menghabiskan waktu berjam–jam di depan komputer untuk belajar internet marketing.
Awal mula Habibi Afsyah sukses di bisnis online adalah menjadi affilate di situs amazon.com. Sebuah situs jual beli online terbesar di dunia. Produk pertama yang berhasil ia jual adalah 1 unit PS 3 dengan komisi 24 dollar. Dan pada bulan juli 2007 dia menerima cek pertama dari amazon.com sebesar USD 120,69 dan kemudian disusul cek kedua sebesar USD 287 pada bulan oktober 2007. Serta cek ketiga sebesar USD 369 pada bulan november 2007 serta puncaknya menerima cek USD 2.169 pada februari 2008. Pada tahun 2008 ia memiliki target akan mendapatkan USD 1000 dalam 1 bulan, tetapi itu gagal karena amazon terkena dampak merosotnya perekonomian global.
Setelah itu ia mencoba mengembangkan internet marketing di dalam negeri dengan menjual mobil, ponsel, dan membuat forum untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Ia juga menjual ebook cara berbisnis di amazon dan mendapat uang hingga 100 juta rupiah.
Dari April 2007 hingga juli 20011 ia berhasil mendapatkan USD 14.714. Ia juga mendapatkan USD 13.530 di tahun 2011 dari google adsense.
Itulah Habibi Afsyah, segala macam keterbatasannya tak membuatnya patah semangat.Dengan dukungan penuh dari ibunya, ia mencoba meraih sukses. Hanya duduk di kursi roda setiap hari di depan monitor ia bekerja sebagai internet marketer. Penghasilaannya mencapai ribuan dollar per bulannya, melebihi penghasilan orang normal sekalipun pada umumnya.
Saat ini ia sering memberi inspirasi di seminar–seminar. Selain itu ia juga mendirikan yayasan Habibi Afsyah untuk membantu mereka yang membutuhkan

Pelajaran yang kita dapat dari Kisah sukses Habibi Afsyah adalah untuk meraih sukses kita harus fokus pada apa yang bisa kita lakukan bukan pada keterbatasan yang kita punya. Karena setiap orang punya potensi yang luar biasa, karena keterbatasan bukan penghalang untuk sukses.
 



  

Komentar