Membangun Kepercayaan Diri

 Membangun Kepercayaan Diri 



Bagi sebagian kita yang punya masalah seputar rendahnya kepercayaan-diri atau merasa telah kehilangan kepercayaan diri, mungkin Anda bisa menjadikan langkah-langkah berikut ini sebagai proses latihan:
 

1. Menciptakan definisi diri positif.

Steve Chandler mengatakan, "Cara terbaik untuk mengubah sistem keyakinanmu adalah mengubah definisi dirimu." Bagaimana menciptkan definisi diri positif. Di antara cara yang bisa kita lakukan adalah:
- Membuat kesimpulan yang positif tentang diri sendiri / membuat opini yang positif tentang diri sendiri. Positif di sini artinya yang bisa mendorong atau yang bisa membangun, bukan yang merusak atau yang menghancurkan.
- Belajar melihat bagian-bagian positif / kelebihan / kekuatan yang kita miliki
- Membuka dialog dengan diri sendiri tentang hal-hal positif yang bisa kita lakukan, dari mulai yang paling kecil dan dari mulai yang bisa kita lakukan hari ini. Selain itu, yang perlu dilakukan adalah menghentikan opini diri negatif yang muncul, seperti misalnya saya tidak punya kelebihan apa-apa, hidup saya tidak berharga, saya hanya beban masyarakat, dan seterusnya.
Setelah kita menghentikan, tugas kita adalah menggantinya dengan yang positif, konstruktif dan motivatif. Ini hanya syarat awal dan tidak cukup untuk membangun kepercayaan diri.

2. Memperjuangkan keinginan yang positif

Selanjutnya adalah merumuskan program / agenda perbaikan diri. Ini bisa berbentuk misalnya memiliki target baru yang hendak kita wujudkan atau merumuskan langkah-langkah positif yang hendak kita lakukan. Entah itu besar atau kecil, intinya harus ada perubahan atau peningkatan ke arah yang lebih positif.
Semakin banyak hal-hal positif (target, tujuan atau keinginan) yang sanggup kita wujudkan, semakin kuatlah pede kita. Kita perlu ingat bahwa pada akhirnya kita hanya akan menjadi lebih baik dengan cara melakukan sesuatu yang baik buat kita. Titik. Tidak ada yang bisa mengganti prinsip ini.

3. Mengatasi masalah secara positif

 Pede juga bisa diperkuat dengan cara memberikan bukti kepada diri sendiri bahwa kita ternyata berhasil mengatasi masalah yang menimpa kita. Semakin banyak masalah yang sanggup kita selesaikan, semakin kuatlah pede. Lama kelamaan kita menjadi orang yang tidak mudah minder ketika menghadapi masalah. Karena itu ada yang mengingatkan, begitu kita sudah terbiasa menggunakan jurus pasrah atau kalah, ini nanti akan menjadi kebiasaan yang membuat kita seringkali bermasalah.

4. Memiliki dasar keputusan yang positif

Kalau dibaca dari praktek hidup secara keseluruhan, memang tidak ada orang yang selalu yakin atas kemampuannya dalam menghadapi masalah atau dalam mewujudkan keinginan. Orang yang sekelas Mahatma Gandhi saja sempat goyah ketika tiba- tiba realitas berubah secara tak terduga-duga. Tapi, Gandhi punya cara yang bisa kita tiru: "Ketika saya putus asa maka saya selalu ingat bahwa sepanjang sejarah, jalan yang ditempuh dengan kebenaran dan cinta selalu menang.
Ada beberapa tirani dan pembunuhan yang sepintas sepertinya menang tetapi akhirnya kalah. Pikirkan ucapan saya ini, SELALU". Artinya, kepercayaan Gandhi tumbuh lagi setelah mengingat bahwa langkahnya sudah dilandasi oleh prinsip-prinsip yang benar.

5. Memiliki model / teladan yang positif

Yang penting lagi adalah menemukan orang lain yang bisa kita contoh dari sisi kepercayaan dirinya. Ini memang menuntut kita untuk sering-sering membuka mata melihat orang lain yang lebih bagus dari kita lalu menjadikannya sebagai pelajaran. Saking pentingnya peranan orang lain ini, ada yang mengatakan bahwa kita bisa memperbaiki diri dari dua hal: a) pengalaman pribadi (life experiencing) dan b) duplicating (mencontoh dan mempelajari orang lain).

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di Mulai dengan Motivasi yang Kuat


Percaya diri adalah bagian dari modal sukses. Apa pun profesi Anda, percaya diri itu sangat penting. Bukan hanya dibutuhkan oleh sales, pembicara, atau seniman saja. Saya katakan, apa pun profesi Anda, keberhasilannya ditentukan oleh kepercayaan diri Anda. Jika ingin lebih sukses, tingkatkan percaya diri Anda.

Komunikasi yang Baik


 
Dalam segala aspek kehidupan, komunikasi sangat penting. Termasuk dalam bisnis, komunikasi sangat penting. Menjual butuh berkomunikasi, membangun jaringan membutuhkan komunikasi, dan juga dalam bekerja sama, komunikasi menjadi sangat penting.
Bagi orang yang tidak percaya diri atau minder, komunikasi menjadi sebuah hal yang sulit. Bukan bagaimana cara belajar komunikasi, tetapi yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membangun rasa percaya diri terlebih dahulu.
Saat saya belajar public speaking, justru sebagian besar isi pelatihan adalah tentang membangun rasa percaya diri. Masalah teknik dibahas kemudian. Teknik komunikasi akan percuma jika landasi oleh rasa percaya diri yang tinggi.



The Power of Trust

Hal penting kedua, untuk sukses Anda perlu memiliki trust atau kepercayaan dari orang lain. Mungkin Anda pernah mendengar, jika anda sendiri tidak percaya kepada diri sendiri (percaya diri), mengapa berharap orang lain mau percaya kepada Anda?
Jika orang lain tidak percaya kepada,

    bagaimana mereka akan memberikan job atau proyek yang besar?
    bagaimana mereka akan memberi Anda jabatan yang tinggi?
    bagaimana mereka mau menginvestasikan modal kepada Anda?
    bahkan, bagaimana mereka akan merekrut Anda?

Langkah awal untuk mendapatkan kepercayaan orang lain adalah dengan percaya diri terlebih dahulu. Kepercayaan diri Anda bisa “mencuri” hati orang lain. Bahkan, seorang atasan yang meragukan anak buahnya bisa berubah menjadi percaya saat anak buahnya percaya diri meminta tugas yang besar dan menyelesaikannya dengan baik.
Anda akan sulit mendapatkan kepercayaan investor, jika Anda tidak percaya diri akan mampu mengemban amanah investasi. Bahkan, lebih parah lagi, jika tidak percaya diri, Anda tidak akan pernah meminta modal, dan jika tidak pernah meminta, Anda tidak akan mendapatkan.
Awali dengan percaya diri, kemudian dapatkan kepercayaan dari orang lain, kemudian pelihara kepercayaan itu. Peluang akan berdatangan kepada Anda jika Anda cukup dipercaya. Untuk itulah, saya menyebutkan bahwa percaya diri adalah membuka pintu keberlimpahan.
Percaya Diri Mengoptimalkan Potensi Diri
Jika Anda naik sebuah kendaraan, kemudian Anda percaya kecepatan kendaraan Anda tidak bisa lebih dari 40 km/jam, maka selamanya Anda melajau dibawah 40 km/jam. Padahal, kendaraan Anda bisa mencapai kecepatan 120 km/jam. Anda menyia-nyiakan potensi kecepatan kendaraan Anda.
Begitu juga dengan diri Anda. Jika Anda tidak percaya diri untuk melakukan hal-hal besar karena menganggap diri tidak mampu, bisa jadi Anda menyia-nyiakan potensi yang dimiliki. Sayang bukan? Anda bisa saja jauh lebih baik jika lebih percaya diri.
Saat Anda dengan percaya diri yang kuat mengatakan, “Saya  bisa!”, maka akan LEBIH banyak hal yang BISA anda lakukan dibandingkan orang yang tidak percaya diri. Jika lebih banyak mencoba, bertindak, atau bekerja, bukankah keberuntungannya akan berbeda dibandingkan orang yang diam saja karena tidak percaya diri?
Ya, ini berkaitan dengan kepercayaan diri dalam melakukan sesuatu. Semakin percaya diri, akan semakin banyak yang Anda lakukan dan dengan kualitas yang semakin baik.


Cara Menghilangkan Rasa gak Percaya Diri




Langkah pertama cara menumbuhkan rasa percaya diri itu ialah dengan menghilangkan rasa gak percaya diri. Artinya menghilangkan apa yang menyebabkan Anda tidak percaya diri.
Apa penyebab Anda tidak percaya diri?
Pertama, jika penyebab rasa gak percaya diri adalah masalah fisik, seperti wajah, warna kulit, kendaraan, aksesoris, pakaian dan sebagainya, maka yang harus Anda camkan adalah “itu semua hanya persepsi saja”.
Anda bisa dengan cepat menumbuhkan rasa percaya diri saat menerima bahwa semua orang itu adalah sama. Kekurangan masalah fisik tidak pernah merendahkan seseorang. Miskin atau kaya, sama saja di mata Allah. Warna kulit, kesempurnaan fisik juga tidak membedakan manusia.
Adalah … anggapan saja yang mengatakan “kita” lebih rendah dibandingkan orang lain. Sama, sama, sama, ….
Ketiga, Anda merasa percaya diri karena ‘tidak mampu”.
Pertanyaanya, memangnya orang lain yang hebat-hebat itu mampu melakukan semuanya? Tidak … bagaimana pun hebatnya mereka, pasti ada hal lain yang tidak mampu. Selain itu, dia dulunya sama dengan Anda, tidak mampu juga. Sekarang dia hebat karena sudah berlatih atau sudah berpengalaman.
Anda tidak perlu rendah diri karena tidak mampu. Yakinlah Anda AKAN bisa jika mau belajar, berlatih, dan mencoba. Anda bisa sehebat mereka.
Yang perlu diperhatikan adalah jangan memaksakan pada satu bidang tertentu. Bisa jadi minat Anda bukan disana. Pilih saja bidang sesuai dengan minat Anda dan jadilah hebat disana.


Oya jika anda suka jalan-jalan, silahkan kunjungi Rental Mobil Pekanbaru dan pastikan anda mendapatkan harga rental termurah.


Komentar

Posting Komentar