Kunci Sukses Usaha

Kunci Sukses Usaha

Kunci Sukses suatu usaha itu haruslah di sertai dengan perjuangan yang gigih dan kesabaran, tetapi alangkah baiknya kita baca sedikit tentang Tips Kunci Sukses Usaha berikut ini:

5 Contoh Usaha Sampingan Paling Cocok Untuk Anak Kuliahan



1. Usaha Sampingan Pulsa Elektrik
Usaha sampingan yang pertama yakni berjualan pulsa elektrik, biasanya usaha pulsa ini menjadi salah satu usaha paling di gemari oleh sebagian besar mahasiswa karena cukup mudah menjalankannya. Memang jika kita melihat, keuntungan dari usaha jualan pulsa elektrik tidak terlalu besar, yakni berkisar antara 500 hingga 1500 rupiah. Namun sebagai seorang yang memiliki jiwa wirausaha sejati, kecilnya keuntungan dalam 1 transaksi bukan menjadi masalah asalkan bisa melakukan transaksi yang banyak. Misalnya jika saat ini anda berjualan pulsa dengan rata-rata keuntungan per transaksi 1000 rupiah, maka jika anda dapat melakukan transaksi sebanyak 50 transaksi anda bisa meraup keuntungan sekitar 50.000 rupiah per hari, cukup banyak bukan. Yang harus anda cari adalah koneksi baik kepada teman-teman anda agar pulsa elektrik yang anda jual laku keras.

2. Usaha Sampingan Bisnis Online
kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Sebagai mahasiswa tentunya kita sering mendapatkan tugas dari dosen yang mana untuk mengerjakannya kita sering mencari referensi di internet, kebanyakan anak kuliahan juga memiliki laptop sendiri yang mana juga tersambung dengan internet. Nah, dengan demikian anda sudah memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis online, karena bisnis online sendiri dapat di mulai tanpa modal sekalipun asalkan memiliki laptop sendiri. Banyak sekali binsis online yang dapat kita jalankan seperti bisnis ads publising seperti ppc, cpm, cpa. Affiliate marketing, menulis artikel website/blog, menjual atau jasa pembuatan template dan masih banyak lagi. Namun sebagai pemula saya sarankan untuk memilih ads publising khususnya PPC milik Google Adsense. Anda bingung dengan bisnis online terbaik? baca saja Bisnis Online Terbaik dan Termudah.

3. Usaha Sampingan Les Privat
Inilah salah satu keuntungan menjadi anak kuliahan, berbeda dengan anak SD, SMP dan SMA, anak kuliahan atau mahasiswa telah memiliki pengalaman yang cukup untuk mengajarkan ilmu kepada orang lain khususnya untuk anak sekolahan. Jika ada seorang mahasiswa khususnya jurusan pendidikan tidak ada salahnya jika membuka usaha les privat, jika anda sekarang sedang kost maka anda dapat membukanya di kost-kostan anda, namun apabila tidak memungkinkan maka anda dapat memberikan les privat dengan cara mengunjungi rumah murid anda. Usaha sampingan mahasiswa ini cukup mudah untuk anda jalankan dan dapat di jalankan ketika sedang tidak ada jadwal kuliah.

4. Jasa Pengetikan dan Print
Usaha selanjutnya yang dapat anda geluti adalah membuka jasa pengetikan dan print dokumen, usaha ini terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Tentunya jika membuka usaha pengetikan anda di wajibkan memiliki laptop atau komputer sendiri, dan pada kenyataannya hampir semua mahasiswa telah memiliki laptop sendiri. Jadi yang kurang hanya printernya saja. Untuk printer dengan kualitas bagus dapat anda beli dengan uang sekitar 500 ribuan saja. Dengan begitu kini lengkap sudah peralatan yang di butuhkan untuk membuka jasa pengetikan dan print dokumen. Anda dapat menawarkan jasa ini kepada teman-teman anda, karena kebanyakan tugas anak kuliahan adalah membuat makalah. Saya rasa akan banyak sekali teman anda yang mengandalkan jasa anda terlebih jika layanan yang anda berikan memuaskan.

5. Usaha Sampingan Sesuai Jurusan
Jika dengan ke-empat usaha sampingan di atas anda tidak merasa cocok maka usaha sampingan terakhir yang dapat anda lakukan adalah usaha sesuai dengan jurusan masing-masing. Seperti contoh jika anda merupakan mahasiswa dari Fakultas Elektro, maka anda dapat membuka usaha servis peralatan elektronik seperti Smartphone, Komputer, Laptop, Televisi, Kipas Angin dan lain-lain. Usaha ini terbilang cukup menjanjikan dengan untung yang besar. Contoh lain misalnya jika anda kuliah jurusan Otomotif, anda bisa membuka bengkel mini sendiri yang dapat anda kerjakan ketika tidak ada jadwal kuliah.

Banyak sekali jenis usaha sampingan yang bisa di kerjakan oleh seorang Mahasiswa saat kuliah, anda harus berani mengambil kesempatan yang ada hitung-hitung untuk menambah uang jajan bahkan kalau memang berhasil bisa untuk biaya kuliah sendiri.

Baca juga artikel tentang Kisah Menakjubkan Tukang Tambal Ban.

 6 Kunci Sukses Wirausaha Tanpa Modal Dari Jokowi



Siapa sih yang ga kenal Jokowi saat ini?

Joko widodo atau yang akrab di sapa Jokowi,dulunya memang anak kampung, tapi berkat kegigihan dan keuletannya, saat ini Jokowi sukses jadi seorang pengusaha sekaligus menjadi orang nomor satu di Jakarta yang notabene bukanlah tempat kelahirannya. Dan pada 17 Maret 2013 kemarin, Jokowi berbagi tips sukses kepada 3.000 peserta seminar wirausaha di Gedung Smesco, Jakarta.
Jokowi menceritakan pengalaman hidupnya hingga bisa menjadi seorang pengusaha dengan penuh semangat. Menurut Jokowi, kesuksesan yang di raihnya saat ini tidak diraih secara instan, melainkan melalui tahapan proses yang namanya kegigihan dan keuletan sehingga terlahir sifat wirausaha yang tahan banting dan pantang menyerah.

“Kalau menurut saya, wirausaha itu adalah bagaimana mengubah sesuatu sehingga punya nilai lebih,” ujar Jokowi.

“Saya tahunya hanya itu.”
Lahir dari keluarga yang biasa dan merasakan susahnya hidup seadanya membuat Jokowi muda bertekad menjadi seorang pengusaha. Dan akhirnya pada tahun 1988 di kota Solo, Jokowi merintis sebuah usaha di bidang meubel.

“Banyak orang yang mengatakan untuk wirausaha harus punya modal dulu, tapi menurut saya tidak, yang paling penting memulai usaha, jangan takut,” Lanjut Jokowi dengan penuh semangat menuturkan kisah kegigihannya.

Ya namanya juga merintis pasti ada kendala-kendala yang di rasakannya saat itu.mulai dari tidak mempunyai banyak modal sampai faktor suara-suara sekitar yang tidak enak di dengar.

“Saya juga jualan dari pintu ke pintu, dari rumah ke rumah sampai 5 tahun, itu memang beratnya setengah mati. Tapi saya harus semangat maka saya kerja dari subuh ke subuh,” ujarnya menceritakan tentang overtime yang ia jalankan untuk mencari tambahan modal.

Kalo pengen jadi wirausaha sukses, harus fokus dan tekun dengan apa yang di kerjakan.

“Saya tidak punya apa-apa, saya tidak modal, ya lebihkan waktu kerjanya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan enam kunci sukses menjadi seorang wirausaha:


Kunci Yang pertama yaitu inovasi produk. Produk selalu di perbarui entah itu model atau tampilan,dan jangan berhenti berinovasi.

Kunci yang kedua,Lihat peluang dan manfaatkan. “Jangan sampai peluang itu lepas, mau jualan produk apa pun, kejar dan jangan lewatkan,” ujar dia.

Kunci ketiga, kerja keras.penuh semangat dan ulet. “Kita harus kuat, bekerja keras, kalau saya dari subuh sampai subuh, kalau tidak begitu, maka lupakan sukdes,” ujar Jokowi.

Kunci keempat yaitu konsistensi,ini sesulit saat kita mau memulai usaha.bagaimana daya tahan kita untuk mengelola usaha tersebut.

Kunci kelima, berani mengambil risiko, resiko untuk berhasil maupun resiko untuk lebih berhasil.

Ke-enam, harus mampu berkoordinasi dengan pihak lain dan jaring relasi.

“Kalau tidak berani jangan jadi wirasusaha, saya pernah kecemplung sungai tapi bangun lagi. Makanya saya sampai kurus begini,” katanya, sambil bercanda.


Nah itu tadi Tips-tips sukses bagi yang ingin memulai suatu usaha baru. Semoga bermanfaat bagi para pembaca ya..

Kunjungi juga Rental Mobil Pekanbaru ..Semoga dapat bermanfaat juga buat anda.

Komentar